Makalah Manajemen Radio


A.pengertian manajemen
            kita akan melihat beberapa pengertian mengenai manjemen sebagai berikut:
a)       Schoderbek, cosier dan aplin,memebrtikan definisi mananjemen sebagai: “a process of achieving organizational goal throgh others” (suatu proses untuk mencapai tujuan organisasi melalui pihak-pihak lain).
b)       Stoner, memberikan definisi manajemen sebagai proses perencanan,pengorganisasian,pengarahan,dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainya agar mencapai tujaun organisasi yang telah di tetapkan.

B.tingkatan manajemen
            pada media penyiaran dan juga perusahaan lainya umumnya posisi manajer biasanya terdiri atas tiga tingkatan :
1.      Manajer tingkat bawah (lower level manager)
            manajer ini bertugas mengawasi secara dekat pekerjaan rutin karyawan yang berada di bwah naunganya.manajer tingkat bawah bertanggung jawab kepada manajer tingkat menengah.
2.      Manajer tingkat menengah (middle manager)
            bertugas bertanggung jawab untuk melaksanakan kegiatan tertentu sebagai bagian dari proses untuk mencapai tujuan utama perusahaan.
3.      Manajer puncak (top manager)
            bertugas mengoordinasikan kegiatan perusahaan serta memberikan arahan dan  petunjuk umum untuk mencapai tujuan perusahaan.

C. Fungsi manajemen
            manajer umum pada dasarnya bertanggung jawab dalam setiap aspek operasional suatu stasiun penyiaran.dalam melaksanakan tanggung jawab manajemnnya,manajer umum melaksanakan empat fungsi sebagai berikut :
1.      Perencanaan (planning),
2.      Pengorganisasian (organizing)
3.      Pengarahan dan memberikan pengaruh (directing/influecing)
4.      Pengawasan (controlling)

D. Pengertian radio
Radio adalah : perkembangan teknologi yang memungkinkan suara ditarnsmisikan secara serempak melalui gelombang radio (elektromagnetik) di udara.
Radio mempunyai ciri dan sifat yang berbeda dari media televisi dan cetak, dalam hal ini:
1.      Penyampaian pesan melalui radio siaran dilakukan dengan menggunakan bahasa lisan
2.      Bersifat auditori, pesan yang disampaikan selalu bersifat menarik.
3.      Proses komunikasi yang terjadi dalam radio komunikasi satu arah dan hanya dapat didengar sekali
4.      Orang yang berkecimpung dalam dunia radio harus mengetahui :
a.       Studi proses komunikasi massa dan sifat-sifat radio siaran.
b.      Teknik-teknik komunikasi jurnalistik.

E. Format Clock
Format radio disebut dengan sistem format clock, karena terdiri atas unsur- unsur seperti:
-         Narasi penyiar
-         Siklus music
-         Termin iklan
-         Promo radio dan promo program
-         Laporan lalulintas, cuaca dan reportase.
Format clock membedakan aktivitas pagi, siang dan malam, dengan susunan yang disesuaikan dengan prediksi mengenai lifestyle pendengar pada jam-jam tertentu.
Pagi hari format clokc dipadati dengan laporan-laporan dan reportase, sementara menjelang senja, program didominasi oleh music easylistening, dan pada malam hari dodominasi olehprogram bincang-bincang. Semakin malam maka semakin menyempit pada pendengar dewasa.
F. Struktur organisasi radio
a.  Penyiar radio bekerja dalam Team Work disebut kru (crew) dipimpin oleh Direktur Utama yang biasanya adalah pemilik rdaio (owner).
b. Dibawah DIRUT  ada general manager yang bertanggung jawab atas keseluruhan operasional studio sehari-hari
c. Dibawah GM ada manajer, yakni manajer program atau populer disebut Program Director (pd), lalu manajer marketing dan manajer teknis beserta para stafnya.

Manajer Program merupkan “kepala siaran” atau bos penyiar, bertugas:
1. membuat jadwal siaran
2. memantau stasiun
3. mengontrol program untuk menjaga konsistensi dan kualitas produksi
4. mengembangkan dan melaksanakan format siaran
5. memperkerjakan dan mengatur staf siaran sesuai dengan format siaran
6. mengikuti perkembangan persaingan dan tren yang mempengaruhi pemograman
7. mengatur kegiatan pemberitaan dan masalah
Umum
8. bertanggung jawab atas kelancaran dan mengatasi masalah yang muncul dalam hal program.
9. bertanggung jawab atas peningkatan kualitas siaran serta kinerja dan kualitas sdm penyiar
10. bekerjasama dan koordinasi dengan manajer Marketing dalam hal iklan, sponsor.

Manajer marketing, bertugas mencari “duit” (iklan). Dialah yang mengatur penjualan jam siaran komersial (air time) alias mencari iklan. Bertugas:
1. mengawasi  staf penjualan
2. bekerjasama dengan wakil perusahaan untuk Menarik pengiklan.
3. menugaskan tenga penjual serta menangani pengecer dan agen iklan lokal
4. membuat  jatah penjualan.
5. mengkoordinasikan penjualan promosi
6. menyusun jadwal-jadwal penyiaran iklan dan merekap pelaporan siarannya.

Manajer teknik, bertanggung jawab atas kualitas radio yang dikonsimsi pendengar. Bertugas:
1.      mengoperasikan atau memastikan bekerjanya semua peraltan stasiun termasuk bekerjanya semua perlatan stasiun, termasuk soal pemnacar, sesuai dengan parameter teknik yang ditentukan oleh pemerintah atau lembaga yang berwennag.
2.      membeli, memperbaiki dan memelihara peralatan siaran
3.      memantau ketepatan sinyal
4.      menyesuaikan radio untuk keperluan pemograman dan mempersiapkan operasi penyiaran jarak jauh.
Music Director, sebutan populernya adalh Md, bertugas:
1.mentyusun daftar lagu (play list)
2.menyeleksi lagu
3.menentukan boleh tidaknya sebuah lagu Diputar diruang siaran oleh penyiar

4.berurusan langsung dengan perusahaan rekaman atau manajer penyanyi untuk urusat kaset atau lagu baru, bahkan urusan promo album atau wawancara artis.

Manajer Produksi, tugas utamanya adalah:
1. menentukan sesi rekaman
2. menangani spot-spotiklan dan promosi program
3. pengarah program bersama PD dan MD
4. bersama staf teknisnya bertanggung jawab atas kualitas audio sebuah lahu, mengeditnya biar enak didengan dan layak siar.

Produser disebut ppengarah acara, bertugas:
1.      menangani khusus satu atau lebih program
Siaran.
2.      menentukan materi siaran, penyiarnya juga menentukan narasumber atau bintang tamu jika diperlukan
3.      berkoordinasi dengan pd sebagai atasan langsung
4.      memeriksa dan memastikan kesiapan orang , bahan dan perlatan yang diperlukan musik pendukung , daftar lagu, bekerjasama/berkoordinasi dengan pihak lain.


News Director, bertugas:
1.      menangani berita-berita atauinformasi yang harus disiarkan  penyiar.
2.      meyeleksi bahan-bahan berita yang ada untuk disiarkan
3.      memilih tema-tema untuk dibicarakan oleh penyiar bersama pendengar

Reporter:
Bertanggung jawab dalam mencari,
Mengumpulkan, menyeleksi dan mengolah materi
Pemberitaan sampai siap siar.

Script Writer, tugasnya:
1.      mengedit naskah yang digunakan atau disiarkan oleh penyiar.
2.      menyiapkan berbagai bahan atau informasi yang mendukung sebuah program siaran, uatamnya siaran berita atau siaran lain yang membutuhkan naskah misalnya, tips atau info ringan.

Public Relations ,. Tugasnya menangani:
1.      proposal kerjasama dan mengkoordinasikannya dengan pd dan manajer marketing.
2.      menjalin hubungan biak dengan lembaga- lembaga potensial menjaddi pengiklan, pendukung program siaran dan pendengar setia.
3.      membnagun citra positif radio.

Off air division, bagian khusus menganani acara non siaran distudio. Umumnya radio
Punya ob van (on board van), bahkan “panggung gerak” (mobil stage) untuk mengadakan acara-acara off air. Divisi ini juga sekaligus menangani branding, yaitu promosi dan membangun kesan (image building).

3.      bekerjasama dengan eo (event organizer) mennagani sebuah acara dari a-z sehinggan berjalan lancar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tujuan dan Manfaat Komunikasi