Makalah Manajemen Radio
A.pengertian
manajemen
kita akan melihat beberapa
pengertian mengenai manjemen sebagai berikut:
a) Schoderbek,
cosier dan aplin,memebrtikan definisi mananjemen sebagai: “a process of
achieving organizational goal throgh others” (suatu proses untuk mencapai
tujuan organisasi melalui pihak-pihak lain).
b) Stoner,
memberikan definisi manajemen sebagai proses
perencanan,pengorganisasian,pengarahan,dan pengawasan usaha-usaha para anggota
organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainya agar mencapai tujaun
organisasi yang telah di tetapkan.
B.tingkatan
manajemen
pada media penyiaran dan juga
perusahaan lainya umumnya posisi manajer biasanya terdiri atas tiga tingkatan :
1. Manajer
tingkat bawah (lower level manager)
manajer ini bertugas mengawasi secara
dekat pekerjaan rutin karyawan yang berada di bwah naunganya.manajer tingkat
bawah bertanggung jawab kepada manajer tingkat menengah.
2. Manajer
tingkat menengah (middle manager)
bertugas bertanggung jawab untuk
melaksanakan kegiatan tertentu sebagai bagian dari proses untuk mencapai tujuan
utama perusahaan.
3. Manajer
puncak (top manager)
bertugas mengoordinasikan kegiatan
perusahaan serta memberikan arahan dan
petunjuk umum untuk mencapai tujuan perusahaan.
C.
Fungsi manajemen
manajer umum pada dasarnya
bertanggung jawab dalam setiap aspek operasional suatu stasiun penyiaran.dalam
melaksanakan tanggung jawab manajemnnya,manajer umum melaksanakan empat fungsi
sebagai berikut :
1. Perencanaan
(planning),
2. Pengorganisasian
(organizing)
3. Pengarahan
dan memberikan pengaruh (directing/influecing)
4. Pengawasan
(controlling)
D.
Pengertian radio
Radio
adalah : perkembangan teknologi yang memungkinkan suara ditarnsmisikan secara
serempak melalui gelombang radio (elektromagnetik) di udara.
Radio
mempunyai ciri dan sifat yang berbeda dari media televisi dan cetak, dalam hal
ini:
1. Penyampaian
pesan melalui radio siaran dilakukan dengan menggunakan bahasa lisan
2. Bersifat
auditori, pesan yang disampaikan selalu bersifat menarik.
3. Proses
komunikasi yang terjadi dalam radio komunikasi satu arah dan hanya dapat
didengar sekali
4. Orang
yang berkecimpung dalam dunia radio harus mengetahui :
a. Studi
proses komunikasi massa dan sifat-sifat radio siaran.
b. Teknik-teknik
komunikasi jurnalistik.
E.
Format Clock
Format
radio disebut dengan sistem format clock, karena terdiri atas unsur- unsur
seperti:
-
Narasi penyiar
-
Siklus music
-
Termin iklan
-
Promo radio dan promo program
-
Laporan lalulintas, cuaca dan reportase.
Format
clock membedakan aktivitas pagi, siang dan malam, dengan susunan yang
disesuaikan dengan prediksi mengenai lifestyle pendengar pada jam-jam tertentu.
Pagi
hari format clokc dipadati dengan laporan-laporan dan reportase, sementara
menjelang senja, program didominasi oleh music easylistening, dan pada malam
hari dodominasi olehprogram bincang-bincang. Semakin malam maka semakin
menyempit pada pendengar dewasa.
F.
Struktur organisasi radio
a. Penyiar radio bekerja dalam Team Work disebut
kru (crew) dipimpin oleh Direktur Utama yang biasanya adalah pemilik rdaio
(owner).
b.
Dibawah DIRUT ada general manager yang
bertanggung jawab atas keseluruhan operasional studio sehari-hari
c.
Dibawah GM ada manajer, yakni manajer program atau populer disebut Program
Director (pd), lalu manajer marketing dan manajer teknis beserta para stafnya.
Manajer
Program merupkan “kepala siaran” atau bos penyiar, bertugas:
1.
membuat jadwal siaran
2.
memantau stasiun
3.
mengontrol program untuk menjaga konsistensi dan kualitas produksi
4.
mengembangkan dan melaksanakan format siaran
5.
memperkerjakan dan mengatur staf siaran sesuai dengan format siaran
6.
mengikuti perkembangan persaingan dan tren yang mempengaruhi pemograman
7.
mengatur kegiatan pemberitaan dan masalah
Umum
8.
bertanggung jawab atas kelancaran dan mengatasi masalah yang muncul dalam hal
program.
9.
bertanggung jawab atas peningkatan kualitas siaran serta kinerja dan kualitas
sdm penyiar
10.
bekerjasama dan koordinasi dengan manajer Marketing dalam hal iklan, sponsor.
Manajer
marketing, bertugas mencari “duit” (iklan). Dialah yang mengatur penjualan jam
siaran komersial (air time) alias mencari iklan. Bertugas:
1.
mengawasi staf penjualan
2.
bekerjasama dengan wakil perusahaan untuk Menarik pengiklan.
3.
menugaskan tenga penjual serta menangani pengecer dan agen iklan lokal
4.
membuat jatah penjualan.
5.
mengkoordinasikan penjualan promosi
6.
menyusun jadwal-jadwal penyiaran iklan dan merekap pelaporan siarannya.
Manajer
teknik, bertanggung jawab atas kualitas radio yang dikonsimsi pendengar.
Bertugas:
1. mengoperasikan
atau memastikan bekerjanya semua peraltan stasiun termasuk bekerjanya semua
perlatan stasiun, termasuk soal pemnacar, sesuai dengan parameter teknik yang
ditentukan oleh pemerintah atau lembaga yang berwennag.
2. membeli,
memperbaiki dan memelihara peralatan siaran
3. memantau
ketepatan sinyal
4. menyesuaikan
radio untuk keperluan pemograman dan mempersiapkan operasi penyiaran jarak
jauh.
Music Director,
sebutan populernya adalh Md, bertugas:
1.mentyusun
daftar lagu (play list)
2.menyeleksi
lagu
3.menentukan
boleh tidaknya sebuah lagu Diputar diruang siaran oleh penyiar
4.berurusan
langsung dengan perusahaan rekaman atau manajer penyanyi untuk urusat kaset
atau lagu baru, bahkan urusan promo album atau wawancara artis.
Manajer Produksi,
tugas utamanya adalah:
1.
menentukan sesi rekaman
2.
menangani spot-spotiklan dan promosi program
3.
pengarah program bersama PD dan MD
4.
bersama staf teknisnya bertanggung jawab atas kualitas audio sebuah lahu,
mengeditnya biar enak didengan dan layak siar.
Produser
disebut ppengarah acara, bertugas:
1. menangani
khusus satu atau lebih program
Siaran.
2. menentukan
materi siaran, penyiarnya juga menentukan narasumber atau bintang tamu jika
diperlukan
3. berkoordinasi
dengan pd sebagai atasan langsung
4. memeriksa
dan memastikan kesiapan orang , bahan dan perlatan yang diperlukan musik
pendukung , daftar lagu, bekerjasama/berkoordinasi dengan pihak lain.
News Director,
bertugas:
1. menangani
berita-berita atauinformasi yang harus disiarkan penyiar.
2. meyeleksi
bahan-bahan berita yang ada untuk disiarkan
3. memilih
tema-tema untuk dibicarakan oleh penyiar bersama pendengar
Reporter:
Bertanggung
jawab dalam mencari,
Mengumpulkan,
menyeleksi dan mengolah materi
Pemberitaan
sampai siap siar.
Script Writer,
tugasnya:
1. mengedit
naskah yang digunakan atau disiarkan oleh penyiar.
2. menyiapkan
berbagai bahan atau informasi yang mendukung sebuah program siaran, uatamnya
siaran berita atau siaran lain yang membutuhkan naskah misalnya, tips atau info
ringan.
Public Relations
,. Tugasnya menangani:
1. proposal
kerjasama dan mengkoordinasikannya dengan pd dan manajer marketing.
2. menjalin
hubungan biak dengan lembaga- lembaga potensial menjaddi pengiklan, pendukung
program siaran dan pendengar setia.
3. membnagun
citra positif radio.
Off air division,
bagian khusus menganani acara non siaran distudio. Umumnya radio
Punya
ob van (on board van), bahkan “panggung gerak” (mobil stage) untuk mengadakan
acara-acara off air. Divisi ini juga sekaligus menangani branding, yaitu
promosi dan membangun kesan (image building).
3. bekerjasama
dengan eo (event organizer) mennagani sebuah acara dari a-z sehinggan berjalan
lancar.
Komentar
Posting Komentar